Lensa Kotak dapat Menyebabkan Kebutaan

blogger templates
Ilustrasi lensa kontak. ©Shutterstock.com/Africa Studio
Saai ini pengguna lensa kotak sering bertambah pesat, pasalnya penggunaan lensa kotak lebih praktis dibandingkan menggunakan kaca mata. Namun kebiasaan memakai lensa kotak yang berlebihan akan membuat mata terinfeksi.

Infeksi mata akibat lensa kotak dapat terjadi apabila pemakainya jarang mengganti lensa kotak ataupun memakainya dengan waktu yang lama, akibatnya mata bisa terinfeksi keratitis. Keratitis merupakan sebuah infeksi peradangan mata yang bisa menyebabkan kebutaan.

Sepertiga dari seluruh orang yang memakai lensa mata di dunia ini mengaku, kalau mereka pernah pergi kedokter mata demi menyembuhkan penyakit ini. Anehnya lagi, 8 dari 10 orang mengaku kalau mereka membersihkan lensa kotak mereka dengan air keran mereka. Padahal mencuci lensa menggunakan air keran dapat menyebabkan akibat fatal.

Taukah kalian bahwa air keran terdapat jutaan mikro organism yang dapat menyebabkan mata kalian terinfeksi. Oleh sebab itu kalian disarankan untuk mencuci lensa kotak menggunakan cairan yang telah disediakan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemakai lensa kotak yaitu :

  • Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir kemudian keringkan dengan benar sebelum menyentuh lensa kontak.
  • Selalu lepas lensa kontak sebelum Anda mandi, tidur, atau berenang
  • Selalu bersihkan lensa kontak dengan cairan khusus pembersih lensa kontak. Jangan pernah membersihkannya dengan air keran biasa.
  • Saat menyimpan lensa kontak, letakkan posisi lensa kontak dengan bagian cekung berada di bawah. Sehingga air lensa kontak akan merendamnya. Hal ini untuk mencegah lensa kontak Anda mengalami kekeringan.


0 Response to "Lensa Kotak dapat Menyebabkan Kebutaan"

Posting Komentar